I LOVE THOSE RANDOM MEMORIES, SO I PUT IT INTO WORDS

Wednesday, January 30, 2019

PENDAFTARAN SELEKSI CPNS


Siapa sih yang gak tahu tentang perhelatan akbar tahun lalu ini? Selain ASEAN GAMES perhelatan akbar lainnya yang ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia terutama usia-usia produktif baik yang sudah bekerja maupun tidak adalah pembukaan lowongan untuk menjadi seorang abdi Negara alias bukaan CPNS atau yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan ASN. Menjadi seorang ASN merupakan suatu primadona yang selalu diincar oleh ribuan orang di negeri ini, banyak alasan yang mendasari mengapa hal tersebut bisa terjadi dan alasannya pun beragam. Beberapa contoh alasan mengapa berbondong-bondong menjadi ASN adalah demi mendapatkan pekerjaan yang tetap yang dapat menjamin keberlangsungan hidup ke depannya termasuk ditanggungnya anak istri oleh Negara, kemudian ada yang memberi alasan terjaminnya kehidupan saat tua nanti dengan diberikannya tunjangan pensiun atau bahkan ada alasan kocak yang saya baca di twitter yaitu karena menjadi seorang ASN dapat meningkatkan pandangan calon mertua terhadap kita. Lalu adapula alasan mendaftar tes karena disuruh orang tua, suami, mertua, pacar ataupun keluarga besar. Jika readers menanyakan alasan saya, sebetulnya alasan saya ikut bergabung dalam perhelatan akbar ini mencakup semua yang telah saya sebutkan tadi (kecuali meningkatkan pandangan calon mertua karena saya sudah menikah). Hahaha.. ya apapun alasannya yang penting semangat untuk berjuang dan menjadi seorang ASN tidak setengah-setengah.

Isu-isu pembukaan pendaftaran CPNS sudah gencar diberitakan dari awal tahun 2018, buku-buku persiapan tes pun sudah banyak diperjualbelikan di toko buku. Akhirnya yang dinanti-nantikan pun tiba, pendaftaran CPNS akhirnya resmi dibuka secara online pada tanggal 26 September 2018 hingga 16 Oktober 2018.  Tidak usah ditanya bagaimana antusiasme masyarakat, awal-awal pendaftaran dibuka servernya dipastikan down. Jadi saya yang dimana saat itu pendaftarannya diurus sepenuhnya oleh suami tercinta sepakat untuk mendaftar saat pertengahan saja. Selain masalah server, juga karena saya yang saat itu sedang mual muntah keras di awal-awal kehamilan sehingga persyaratan untuk pendaftaran saya mengumpulkannya agak lambat. Oh ya, saya lupa memberi tahu kalau system pendaftaran CPNS 2018 ini secara online, jadi pertama-tama kita harus membuat akun pribadi dengan mengisi data pribadi kita kemudian persyaratannya pun harus di upload, tidak ada berkas yang mesti dikirim. Uniknya saat pendaftaran kita harus memilih lokasi formasi dimana kita ingin ditempatkan nantinya, sekali memilih tidak dapat diubah dan dapat dikatakan diakhir masa pendaftaran kita sudah dapat mengetahui jumlah saingan nantinya, jadi diperlukan strategi yang matang untuk memilih lokasi.
ini salah satu syarat untuk kelengkapan akun
(ini pas hamil 4 bulan dengan pipi uda tambah bulat)

Akhirnya setelah saya dan suami melalui diskusi yang lama untuk memilih di lokasi mana saya ingin mendaftar kami pun memutuskan untuk daftar online pada tanggal 4 Oktober setelah mengumpulkan persyaratan yang terdiri dari :
  • Pas foto latar belakang merah dengan pakaian berkerah ukuran < 200 kb
  •  Scan ijazah yang ingin dipergunakan untuk daftar
  •  Scan transkrip nilai
  • Scan ktp
  • Scan akreditasi perguruan tinggi ataupun fakultas
  • Scan surat pernyataan
  • Scan surat lamaran
  • Scan STR (bagi tenaga kesehatan)

Memang kata suami perlu kesabaran untuk masuk ke website sscn.bkn.go.id, dan dia pun berhasil mendaftarkan saya saat malam hari sekitar pukul 23.00 WITA. Setelah semua dokumen berhasil di upload, kita harus segera mencetak kartu tanda bukti pendaftaran. Kemudian tinggal tunggu deh pengumuman seleksi administrasi online (kembali berharap-harap cemas). Seingat saya memerlukan waktu kurang lebih 15 hingga 20 harian untuk menyelesaikan seleksi administrasi, karena saya ingat saya mengetahui diri saya lolos dan berhak ikut tes selanjutnya yang merupakan tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) di awal bulan November. Saat akan mengikuti tes SKD kami yang telah lolos seleksi administrasi harus kembali mencetak ulang kartu ujian. Nah untuk pengalaman tes SKD dan lainnya saya akan menceritakannya di postingan selanjutnya, ikuti terus cerita saya sebagai #pejuangNIP yaa….

1 comment:

  1. Caesars Palace Casino Reviews - DrmCD
    Is Caesars Palace a good choice for 사천 출장안마 people looking for 영천 출장마사지 a convenient location to gamble and 당진 출장안마 indulge in. The site is 제천 출장샵 not your typical Vegas resort, bet analysis

    ReplyDelete