I LOVE THOSE RANDOM MEMORIES, SO I PUT IT INTO WORDS

Wednesday, September 7, 2016

PROMOSI KESEHATAN : DISLOKASI PATELLA

"With Every Broken Bone I Swear I Lived"

Namanya sih bagus, tapi ini bukan nama makanan apalagi nama tempat hangout baru. Sayangnya ini adalah suatu jenis penyakit, eh sebenernya keadaan sih dimana tempurung lutut berpindah dari tempat yang seharusnya dia berada. Hmm..mungkin susah bayanginnya..hehe. nanti diselipin gambar deh. Ngapain saya bahas hal beginian di blog, sebenernya sih mau curhat siapa tau ada yang mengalami dislokasi patella seperti saya, jadi ga ngerasa sendiri ngalaminnya.

Cerita ini dimulai ketika saya baru 2 bulan masuk coass-life sekitar Maret 2013 kalo ga salah, nah pas itu saya lagi stase di Neurologi, stase yang lumayan berat kalo menurut saya, dengan jumlah pasien yang lumayan dan tugas-tugas yang diberikan cukup membuat lelah sebenarnya. Ditambah “senyum manis” sang sekretaris bagian yang aduhai mampu membuat liquor cerebrospinal macet di ventrikel ketiga, hahaha. Cukup membuat saya pengen ngamuk, ngamuk makan maksudnya. 

Suatu hari saat saya mesti jaga UGD triage medik, datenglah saya ke UGD dengan terburu-buru habis absen siang. Nah saya taruhlah tas saya di ruang tikus tempat kecil buat naruh tas residen maupun koas. Saat tiba disana, saya taruh tas, mau jalan, udah jatuh lunglai aja, dengan posisi lutut menekuk ke kiri. Di situ saya liat tempurung lutut a.k.a patella saya uda kegeser ga ada di tempatnya. OMG!!! Kabur kemana patella saya, trus saya minta tolong dong ama temen, temen saya kaget bukan kepalang, trus langsung manggil residen bedah. Dr residennya langsung bilang, “wah dislokasi patella itu, cepet bawa ke triage bedah” Dislokasi Patella???!!!!! Separah itukah? Buat yang belum pernah denger dislokasi patella itu apa, saya jelasin secara superficial aja ya (soalnya bukan blog pure medical >.<)

Definisi : Dislokasi patella atau lutut adalah bergesernya tulang tempurung lutut sehingga dapat mengakibatkan cedera jaringan disekitarnya, seperti otot maupun pembuluh darah.

Etiologi (Penyebab) : Biasanya disebabkan oleh adanya trauma pada lutut, atau mungkin dapat diakibatkan oleh adanya ketidakstabilan otot penyangga tulang tempurung lutut itu sendiri (hiperlaxity).

Klinis : Jika dalam ilmu kedokteran kita harus memeriksa sesuai Look, Feel, Move untuk menegakkan suatu diagnosis dalam kasus Bedah Orthopedi. Tapi sebelum itu sih dokter pasti meriksa general lah ya, kayak tensi,jantung, dll. Kita bahas pemeriksaan Orthopedi sederhananya aja ya..
  • Look itu kita liat apa ada jejas atau luka di lutut, memar, bengkak, pendarahan aktif, deformitas (bentuk yang tidak sesuai dengan lutut yang normal). Ini yang paling seru, waktu saya ngalamin kejadiannya, saya liat sendiri tulang lutut saya geser, dan bagian yang ga kebagian tulang itu cekok banget, kayak cekungan. Kalo ditanya sakit, saya ga rasain sakit, tapi saya kaget, sakitnya dikalahin kaget kali ya..hahaha.. trus beberapa saat setelah saya diangkut ke triage bedah, disuruh lurusin, uda mulai bengkak dia. Ini baru sakit minta ampun!
contoh deformitas
sumber : google 
  • Kalo Feel, kita pegang bagian yang cedera, apa masih terasa hangat, nyeri dan juga denyut nadi di bagian distal (ujung) tubuh yang mengalami trauma untuk memastikan sirkulasi darahnya sampai ke ujung, tidak terhalang karena adanya trauma. Pas saya diperiksa sama residen bedahnya sih masih nyeri banget >.<
sumber : google
  • Yang terakhir Move, kita minta pasien atau sapa aja yg kita curigain ngalamin trauma di lutut buat gerakin kakinya (active movement), kalo ga bisa gerak dengan cara itu ya kita lakuin passive movement dengan cara kita yang gerakin kakinya orang, harus gentle ya! Sakit tau! Nah sambil pegang tuh lutut, berasa ga ada krepitasi (‘kriek-kriek’ gtu deh rasanya). Tapi please jangan sengaja dibikin kriek-kriek, krepitasi hanya ditemukan secara tidak sengaja saat kita melakukan pemeriksaan secara gentle, karena itu merupakan salah satu tanda adanya patah tulang. Kita liat deh, seberapa sih sanggupnya sendi itu menggerakkan kaki, kalo ga bisa seperti yang normal, kita bilang ROM (Range Of Motion) menurun…begitu….......Karena sakit sih ya, saya ga bisa gerakin kaki sampe ROM normal, jadi dibantu, tetep sakit sih. Yah emang ROM lutut saya beberapa saat setelah kejadian dan berbulan-bulan (6 bulan kalo ga salah) setelahnya belum bisa normal. It takes time.
    contoh passive movement
    sumber : google
  • Udah selese pemeriksaan fisik ya, untuk pemeriksaan selanjutnya untuk menegakkan diagnosis kita perlu Rontgen lututnya.. ada geser apa enggak, ada patah apa enggak..
Penanganan : Kalo uda dinyatain ada dislokasi, jawabannya ya reposisi, dan reposisi itu kayaknya sakit bangetttt. Saya sempet rontgen, normal aja, ga ada kegeser apapun, patah juga enggak, jadi curiganya tu lutut abis keluar, eh masuk lagi ketempatnya. Hadeh..Jadi saya ga perlu direposisi. Syukur dehh.. Tapi jadi bingung kan, apa yang nyebabin tulang bisa keluar masuk seenaknya. Nanti dibahas di postingan lain ya..
Akhirnya sisa stase Neurologi saya lewati menggunakan tongkat, karena masih ga bisa jalan dan sakit banget. Kalo diinget-inget lucu,sedih dan heran juga dengan semangat saya yang dulu. Karena saya pengen sekali cepet selesein stase ini. Terimakasih Tuhan mendengar doa saya, saya bisa lewat semua stase dengan lancar. Segitu aja dulu cerita saya, kira-kira ada yang punya pengalaman yang sama? Bisa di share pengalamannya....

2 comments:

  1. Salut dengan bu dokter walau mengalami dislok tetep semangat menyelesaikan koasnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salut juga ama seseorang yg bisa nerima apa adanya. Bahkan disaat terburuk

      Delete